PERBADAAN RAM DAN ROM

ROM (Read Only Memory) yaitu adalah merupakan tipe memori yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa untuk dapat diisi dengan data atau file. ... Sementara dari sisiRAM (Random Access Memory) adalah merupakan bentuk penyimpanan data yang bisa diakses secara acak setiap saatnya.



PERBEDAAN ANTARA RAM DAN ROM

Pertama-tama, dari istilahnya: ROM seperti telah kita bahas adalah “Read-Only Memory”, sedangkan RAM adalah “Random Access Memory”. Sesuai namanya, ROM memuat kode-kode bawaan yang tidak bisa diubah, meskipun terdapat tipe-tipe ROM yang memang didedikasikan kosong untuk bisa diprogram atau diisi oleh user. Berbeda dengan ROM, RAM pada hakikatnya adalah tempat penyimpanan sementara ketika kita menjalankan proses apapun. Data yang ada pada RAM ini dapat diakses seketika kita menjalankan proses tersebut dan bersifat sementara.



Kedua, karena data pada ROM bersifat read-only dan non-volatile, maka data tersebut tetap ada di sana dan bahkan beberapa kode diintegrasikan dengan baterai sehingga tetap berjalan meskipun komputer ataupun laptop kita dalam kondisi mati, sebagai contohnya clock yang ada pada sistem BIOS. Lain halnya dengan ROM, RAM menyimpan data secara sementara dan acak sesuai proses yang sedang kita jalankan. Hal ini berimplikasi hilangnya data jika komputer atau laptop kita matikan.
Sadar atau tidak sadar, ketika kita merasakan komputer atau laptop kita mengalami lag atau melambat, kita melakukan restart atau setidaknya log off atau sign out. Tiga prosedur tersebut, akan membersihkan RAM dari data yang ada di dalamnya sehingga ketika dijalankan lagi kondisi RAM terdapat banyak ruang kosong sehingga aktivitas berkomputer kita lebih mulus.
Ketiga, RAM memungkinkan untuk melakukan pembacaan data secara cepat untuk kepentingan akses aplikasi di dalam komputer dan laptop kita. Sedangkan ROM digunakan untuk menyimpan data-data berkaitan dengan kode booting hardware yang hanya memungkinkan untuk dibaca, tidak untuk di-input atau diubah.

Komentar

Postingan Populer